Vaksin Astrazeneca Aman Digunakan Dan Minim Efek Samping

uru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, pemerintah memastikan vaksin Covid-19 Astrazeneca dapat digunakan karena telah memeroleh fatwa dari Majelis Ulama Indonesia dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menerbitkan izin darurat vaksin atau Emergency Use of Authorization (EUA).

Wiku menyebutkan, vaksin yang digunakan aman, berkhasiat, halal, dan minim efek samping. Kendati demikian, kata Wiku, bagi bagi siapapun yang menerima efek samping atau kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) yang tidak wajar setelah melakukan vaksinasi harap untuk melapor ke fasilitas kesehatan terdekat demi keselamatan dan kesehatan masing-masing individu. Selain itu, sebagai sumbangsih monitoring masyarakat pada KIPI oleh pemerintah pusat, Komnas KIPI maupun Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Wiku menyebutkan, masyarakat yang sudah menerima vaksin Covid-19 hingga saat ini mencapai angka 5 juta. Hal ini merupakan capaian yang positif dan harus tetap ditingkatkan sehingga semakin banyak masyarakat yang dapat terlindungi dari Covid-19.

Pada kesempatan sama, Wiku juga mengatakan, saat ini Kementerian Kesehatan (Kemkes) juga mulai melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap para calon jemaah haji, khususnya kelompok lansia. Saat ini tercatat lebih dari 57.000 calon jemaah haji yang sedang menunggu pelaksanaan vaksinasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *