Tiga Strategi Utama Pemerintah Atasi Pandemi Covid-19

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko mengungkap pemerintah tengah menyiapkan tiga kebijakan atau strategi utama dalam mengatasi pandemi Covid-19. Pertama, dari aspek kesehatan.

“Pertama, dalam konteks kesehatan, pemerintah berusaha maksimal agar tidak terjadi kasus yang terus meningkat. Seluruh masyarakat harus dalam kondisi aman,” ujar Moeldoko dalam Rapat Pimpinan Nasional III Majelis Nasional KAHMI dengan tema Kebijakan Pemerintah Menuju Era The New Normal di Gedung Bina Graha, Jakarta, Selasa

Strategi kedua, masyarakat harus bisa makan. Guna memastikan masyarakat bisa makan, Moeldoko menyebut pemerintah akan menetapkan program perluasan bantuan sosial dan jaring pengaman sosial.

Ketiga, masyarakat harus tetap bisa berusaha. Langkah konkret pemerintah untuk menjaga kelangsungan usaha masyarakat yakni mendukung pengembangan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di masa pandemi Covid-19.

“Bila kita tak memerhatikan sektor ekonomi maka masyarakat akan repot. Untuk itu, prioritas utama pemerintah adalah bagaimana menangani Covid-19 di berbagai sektor, tidak hanya kesehatan,” kata Moeldoko.

Mantan Panglima TNI ini melanjutkan, dalam menghadapi Covid-19, pemerintah melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak serta komunitas. Pemerintah juga menyusun berbagai protokol adaptasi kebiasaan baru secara lebih rinci.

Baik untuk sektor usaha, publik, tempat kerja, lembaga pendidikan atau sekolah dan tempat ibadah. “Semua kementerian sudah menyiapkannya dengan baik dan berkonsultasi dengan Kementerian Kesehatan agar sesuai dengan protokol yang ditetapkan Kementerian Kesehatan dan Badan Kesehatan Dunia (WHO),” pungkasnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *