Tetap Sehat di Daerah Bencana

Gempa dan tsunami belum lama ini melanda Palu dan Kabupaten Donggala. Dan jika sedang berada di tengah bencana alam, Anda dan keluarga Anda perlu selalu berusaha menjaga kesehatan, walau itu tidaklah mudah. Namun, menerapkan pola hidup sehat dengan segala keterbatasan yang ada merupakan hal penting. Apa saja tipsnya?

Meski berada di tengah kondisi bencana, pastikan air untuk minum adalah air bersih dan matang. Konsumsi air kotor dapat menjadi sumber berbagai penyakit, seperti diare. Dan jangan lupa untuk membiasakan mencuci tangan setiap sebelum dan sehabis makan, sebelum dan setelah buang air, dan setelah beraktivitas yang membuat tangan menjadi kotor.

Saat terjadi bencana, besar kemungkinan tidak banyak pilihan menu makanan. Namun, jika mungkin, pastikan makanan tetap bergizi seimbang, dimasak, serta dikemas dengan baik dan periksa tanggal kadaluarsa. Lakukanlah olahraga-olahraga sederhana seperti peregangan tubuh dan berjalan kaki, agar sirkulasi darah tetap terjaga baik.

Tak hanya kesehatan jasmani, kesehatan mental pun perlu diperhatikan. Depresi dan paranoia dapat mengakibatkan gangguan perilaku seperti kehilangan nafsu makan, kesulitan beristirahat dengan baik, bahkan menimbulkan gejala fisik seperti gangguan asam lambung dan sakit kepala terus-menerus. Tetaplah bersikap positif, serta tenangkan diri dan keluarga agar dapat melewati masa bencana dengan baik. Apabila ada yang sakit, segera gunakan alat proteksi diri seperti masker untuk mencegah penularan. Jika Anda sakit atau mengetahui seseorang yang sakit, segera melapor ke petugas kesehatan agar bisa diperiksa dan diobati.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked*