Potret Kekeringan Indonesia 2017-2019

Fakta bahwa musim di Indonesia terpengaruh oleh situasi di Samudera Pasifik dan Samudera Hindia, membuat negara kepulauan ini lekat dengan kondisi kemarau dan kekeringan. Pada tahun ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahkan memprediksi, musim kemarau ini akan lebih kering dan terik dibandingkan musim kemarau tahun 2018 lalu.

Dapat dibayangkan impak yang kira-kira muncul karenanya. Berkaca dari kejadian tahun lalu saja, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendapati ada 130 kasus kekeringan. Lebih dari 7,79 juta warga Indonesia merasakan dampaknya. Jumlah itu jauh meningkat ketimbang tahun 2017 yang terdampak hanya sebanyak 983 ribuan orang. Patut dicatat juga, persis setahun yang lalu, krisis air akibat kekeringan ini sampai melanda 11 provinsi di Indonesia. Rinciannya, situasi ini terjadi di 111 kabupaten/kota, 888 kecamatan, dan 4.053 desa.

Sementara untuk saat ini, data BNPB per 11 Juli 2019 membeberkan ada sebanyak 91 kecamatan di 39 kabupaten dan 8 provinsi yang telah mengalami kekeringan. Daerah yang dimaksud, yaitu Provinsi Aceh, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, NTB, dan Sulawesi Selatan. Jumlah provinsi yang terdampak mungkin saja dapat bertambah.

Yuk, sama-sama tahu agar dapat mengantisipasi dampaknya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *