PLTS Palembang Siap Terangi Perhelatan Asian Games 2018

Pemerintah berusaha merealisasikan berbagai program untuk menyediakan pembangkit listrik menggunakan energi baru terbarukan, salah satunya memanfaatkan energi surya atau sinar matahari. Nah pada 30 Juni 2018, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin meresmikan pembangkit listrik tenaga surya dua megawatt (2 MW) di Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan.

Dengan sumber kelistrikan berasal dari sinar matahari, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) ini akan menerangi langit Jakabaring Sport City dan akan terus menerangi masyarakat Kota Palembang dan sekitarnya serta yang tak kalah penting adalah mendukung gelaran Asian Games 2018 yang dilaksanakan di Palembang, Sumatera Selatan, 18 Agustus – 2 September 2018 bersama Jakarta.

Pembangunan PLTS tersebut menjadi bukti komitmen Pemprov Sumsel dalam mendukung program nasional pengembangan energi baru terbarukan (EBT) sekaligus terintegrasi dengan pusat tempat pertandingan Asian Games (Jakabaring Sport City) yang mencanangkan konsep “Green Sports City” pada pergelaran ajang olahraga negara-negara kawasan Asia itu.

Pembangkit litrik tenaga surya itu dikerjakan secara swakelola yang pelaksanaannya dilakukan oleh Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PD PDE) di bawah pengawasan langsung Sharp Corporation Jepang. Pembangkit tersebut menggunakan 5.248 lembar photovoltalk terpasang di lahan seluas 2,5 hektare dan 8 X 250 KW inverter serta 2.280 KVA transformator siap sinkron ke sistem jaringan distribusi tegangan menengah 20 KV milik PT PLN melalui Gardu Induk New Jakabaring.

 

Sumber : indonesiabaik.id

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked*