Pers Jadi Garda Terdepan Sosialisasi Vaksinasi

Sumber: https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/368818/wapres-minta-pers-jadi-garda-terdepan-sosialisasi-vaksinasi

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin meminta pers nasional untuk berperan aktif sebagai garda terdepan dalam mensosialisasikan program vaksinasi kepada masyarakat Indonesia. Informasi terkait vaksin covid-19 yang diberitakan pers harus mempunyai data yang akurat untuk meyakinkan masyarakat.

“Insan pers perlu menyertakan daya dukung dan penjelasan ilmiah dari para pakar. Sehingga mampu menumbuhkan kesadaran dan keyakinan masyarakat akan manfaat vaksin,” ungkapnya dalam acara Pembekalan Peserta Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku secara virtual, Senin (14/12).

Secara khusus, Wapres meminta dukungan insan pers untuk turut membantu kelancaran informasi vaksin. Media diharapkan terus menyemarakan semangat #vaksinasiuntuknegeri melalui pembritaan yang edukatif.

Dia menjelaskan pada bulan November 2020 Kominfo merilis hasil survei literasi digital dengan redponden yang mewakili 34 provinsi. Survei tersebut mencatat bahwa medsos menjadi sarana utama bagi masyarakat dalam mengakses berita disusul televisi, situs berita online, situs resmi pemerintah, media cetak dan radio. Sebagian kecil masyarakat bahkan tidak mengakses informasu sama sekali.

Tingginya popularitas medsos sebagai media penyebar informasi, kata dia, perlu diperhatikan oleh para insan pers. Sehingga insan pers dapat memanfaatkan medsos untuk terus menghadirkan informasi yang akurat secara inovatif dan kreatif.

“Di era pupularisasi digital ini insan pers juga harus makin cermat dan profesional dalam mengabarkan informasi di media yang tidak saja harus benar namun juga berkualitas dan bermakna,”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *