Menghimbau Masyarakat Jaga Imunitas Tubuh Untuk Cegah Virus Corona

Menghimbau Masyarakat Jaga
Imunitas Tubuh Untuk Cegah Virus Corona
Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan, salah satu cara untuk menangkal virus corona atau Covid-19 adalah dengan menjaga imunitas tubuh.
“Saya juga memberitahukan bahwa nomor satu untuk bisa mencegah dan terhindar dari Covid-19 ini adalah, yang penting, menjaga imunitas tubuh,” kata Terawan seusai diskusi tentang penanganan Covid -19 bersama para pemimpin redaksi (pemred) media massa di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (3/3/2020).
Acara itu dihadiri juga oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Jhonny G Plate, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy.
Menurut Menkes Terawan, agar imunitas tidak menurun, maka masyarakat harus menjaga pola makan dan tidur. Pasalnya, dua hal ini sangat penting dalam kesehatan.
Terawan menyebutkan, masyarakat dapat mempelajari pola hidup sehat dari program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas. “Germas itu bisa diunggah dan teknik-tekniknya mudah,” ujar Terawan.
Selain pola makan dan tidur, Terawan juga mengimbau masyarakat untuk menjaga hati dan pikiran atau dalam istilah kesehatan disebut psikoneuroimunologis. Sebab, kata dia, apabila kita mendapatkan persepsi tentang hal yang salah, maka itu akan terus membuat khawatir dan cemas. Hal ini akan membuat imunitas tubuh turun.
“Ini merupakan langkah yang paling baik. Tidak ada di dunia ini yang lebih hebat, lebih bagus, kecuali imunitas tubuh kita sendiri. Bukan masalah vaksin, yang juga belum ada. Masalah obat juga belum ada. Baru berita saja semuanya. Karena itu, yang paling penting, sekali lagi, saya mengajak dan mengimbau masyarakat untuk meningkatkan atau menjaga imunitas tubuh kita,” ucap Terawan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *