Kemenparekraf Dukung Pembangunan Potensi Parekraf di Papua Barat

Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), mendukung penuh Pemerintah Provinsi Papua Barat dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di Papua Barat. Khususnya dalam pembangunan potensi parekraf di wilayah tersebut.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu mengatakan, pengembangan parekraf di Papua Barat ini nantinya dapat berdampak besar dan positif, yakni bagi masyarakat setempat.

Vinsensius mengatakan, Kemenparekraf siap bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Papua Barat untuk mengembangkan potensi wisata lain yang ada di Papua Barat secara maksimal. Guna mewujudkan Pariwisata Papua Barat yang mendunia, berkualitas, terintegrasi dan berkelanjutan.

Lebih lanjut, Vinsensius juga mengapresiasi komitmen Pemerintah Papua Barat dalam membangun sektor pariwisata di Provinsi Papua Barat. Menurutnya hal ini sejalan dengan arahan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno terkait implementasi inovasi, adaptasi dan kolaborasi dalam pengembangan pariwisata dengan semangat Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama), dan Gaspol (Gali Semua Potensi Lapangan Kerja).
Sementara itu, Direktur Pengembangan Destinasi II Kemenparekraf Wawan Gunawan menambahkan, banyak hal yang perlu didorong dalam pengembangan pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Papua Barat. Misalnya, memperkuat fokus dan wilayah tematik Desa Wisata, destinasi (Alam, Budaya, dan Buatan), kawasan pariwisata Ekowisata, geopark, (konservasi dan non konservasi), serta destinasi wilayah (kabupaten, kota, dan provinsi).

Pemerintah Provinsi Papua Barat dapat mengimplementasikan Sinergitas Pusat dan Daerah berbasis Inovasi, Adaptasi, Kolaborasi (SINAKODA), yakni untuk mewujudkan destinasi berkualitas, terintegrasi, dan berkelanjutan di Papua Barat melalui sinergitas pembangunan lewat program Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik serta pendampingan dan dukungan lainnya dalam upaya percepatan pengembangan destinasi di Papua Barat.

Ketika sinergitas ini diimplementasikan di Papua Barat dengan tepat anggaran, tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu, maka mimpi Papua Barat mempunyai destinasi berkualitas, terintegrasi, dan berkelanjutan yang mendunia bisa terwujud dengan cara kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *