Jenis Musibah yang Ditangani Basarnas

Jenis Musibah yang Ditangani Basarnas
Salah satu tugas utama Badan SAR Nasional (Basarnas) adalah pencarian dan pertolongan, penyelamatan, serta evakuasi kepada masyarakat dalam sebuah musibah secara andal, efektif, cepat, efisien, dan aman. Lalu apa sajakah jenis musibah yang menjadi area misi Basarnas?
Musibah yang pertama adalah kecelakaan. Seperti kecelakaan transportasi laut, udara, dan darat yang merupakan kecelakaan yang menimpa kapal laut, pesawat udara, kendaraan darat/kereta api dan tidak dapat diperkirakan sebelumnya serta dapat membahayakan atau mengancam keselamatan jiwa manusia
Kemudian musibah yang berikutnya menjadi kewenangan tugas Basarnas ialah bencana. Ini adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan/atau faktor non alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis.
Lantas musibah yang terakhir menjadi kewenangan tugas Basarnas adalah kondisi yang membahayakan manusia. Yaitukecelakaan/malapetaka yang menimpa orang atau kelompok orang akibat sesuatu hal yang tak terelakan di luar kecelakaan transportasi udara dan atau laut dan atau kondisi antara lain seperti musibah di gunung/hutan, di sungai, pantai, sumur, bangunan bertingkat/tinggi, hingga musibah akibat bangunan runtuh.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *