Dengan Semangat Sumpah Pemuda Mari Kita Berkarya

Sumpah Pemuda adalah tentang gagasan dan semangat pemuda dalam mewujudkan cita-cita kemerdekaan Indonesia. Sumpah Pemuda, merupakan momentum penting yang mengawali sejarah pergerakan pemuda Indonesia, dimana pemuda bersumpah atas kecintaan terhadap tanah air, bangsa dan bahasa Indonesia. Komitmen ini terus dikumandangkan dan dimaknai sebagai suatu panggilan tanggung jawab pemuda Indonesia. Oleh karena itu, pemuda selalu memegang peranan penting dalam setiap peristiwa bersejarah perjalanan bangsa Indonesia bahkan hingga hari ini.

Sebagai suatu gerakan kebangsaan, semangat Sumpah Pemuda haruslah terus terpatri dan dimaknai oleh setiap putra putri bangsa Indonesia. Semangat Sumpah Pemuda hendaknya menjadi inspirasi bagi generasi muda dalam mengaktualisasikan peranan dalam berkontribusi pada bangsa dan negara. Ada sedikitnya tiga semangat utama yang dapat kita resapi dari Sumpah Pemuda.

Pertama, semangat melakukan terobosan, semangat untuk melakukan pembaruan dan inovasi, semangat ini penting bagi pemuda untuk menembus ruang-ruang keterbatasan atau sekat sekat tipis rasa pesimis dibenak para pemuda. Sebab, ketika Sumpah Pemuda dikumandangkan, sesungguhnya Indonesia masih dalam kondisi terjajah, namun pemuda Indonesia saat itu mampu untuk berani menegaskan cita-cita kemerdakaan ditengah penjajahan. Bahkan pemuda saling bersinergi, sehingga cita-cita kemerdekaan menjadi kenyataan.

Kedua, semangat dalam berkarya, semangat untuk produktif melahirkan karya dan juga kontribusi sesuai dengan kompetensi, minat dan keahlian masing-masing. Berorientasi pada kebermanfaatan dan kemaslahatan bagi banyak orang, serta berupaya melahirkan karya yang solutif atas berbagai masalah yang dihadapi bangsa Indonesia. Berupaya sekuat tenaga memberikan kontribusi posiitif pada pembangunan dan kemajuan bangsa. Sebab Sumpah Pemuda adalah bentuk kontribusi serta buah Karya nyata pemuda, yang bahkan semangatnya mampu melintasi zaman dan generasi.

Ketiga, semangat dalam berkolaborasi, semangat untuk menjangkau semua lapisan dan bersinergi untuk bersatu memberikan dampak positif bagi sekitar. Sebab dalam Sumpah Pemuda, gagasan-gagasan pemuda saat itu melebur dan melintasi ruang-ruang perbedaan. Sehingga sekat perbedaan itu seolah terhapus, dan keragaman itu justru menjadi modal kekuatan yang besar dalam mencapai tujuan bersama. Paradigma ini penting untuk disadari oleh segenap pemuda, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah modal utama dalam mewujudkan kedaulatan bangsa Indonesia.

Melalui tiga semangat itu, setidaknya pemuda hari ini kembali diingatkan bahwa tanggung jawab untuk mengisi dan mempertahankan kemerdakaan akan terus melekat dalam jiwa-jiwa pemuda. Dimana pemuda Indonesia hari ini adalah tulang punggung masa depan Indonesia. Peranan pemuda hari ini akan sangat menentukan apakah bangsa Indonesia mampu untuk terus berlari mengejar ketertinggalan, berakselerasi terhadap perkembangan, serta berkontribusi atas segala permasalahan yang dihadapi dunia. Oleh karena itu, Pemuda hari ini perlu terus memaknai Sumpah Pemuda sebagai sebuah idealisme dan semangat dalam melahirkan terobosan, karya serta kolaborasi terbaik untuk tanah air Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *